Friday, July 3, 2020

Hi, How Are You Today

Setiap habis mandi, ngaca gini...
"Hi, how are you today?
Are you okay?"
Lebih gitu sih pertanyaannya.

Sebuah penggalan jawaban dari Nicholas Saputra dalam sebuah wawancara daring yang diakhiri dengan senyum dan tawa yang malu-malu. Sebuah jawaban yang di dalamnya tersimpan pertanyaan.

Saya yang beberapa waktu tadi mendengarkan wawancara tersebut, seketika terhenyak dengan pertanyaannya yang tersirat. Saya kemudian mempertanyakan kepada diri sendiri, apakah saya sudah bertanya demikian ke diri saya hari ini?

Setiap habis mandi yang ada saya begitu tergesa-gesa bergegas ke tempat kerja. Padahal, jaraknya dekat. Tak perlu buru-buru. Sehabis bangun dari tidur yang saya pertanyakan adalah apa yang harus saya selesaikan atau setidaknya apa yang harus saya kerjakan hari ini. Momen pagi saya berlalu begitu saja. Begitu juga dengan sisa hari yang berlanjut seperti biasa--kerja, makan siang, sesekali mengecek media sosial, kembali kerja lalu pulang.

Apakah saya baik-baik saja?
Saya alpa menanyakan ini kepada diri sendiri sampai sebuah penyakit menghampiri saya. Gejala awalnya cukup mengkhawatirkan karena kombinasi sakit kepala, sesak nafas, mual hingga akhirnya muntah. Di tengah wabah seperti ini, salah satu gejala tersebut merupakan sumber utama kecemasan semua orang. Sekitar dua hari kemudian, saya mencoba menganalisis ulang gejala-gejala tersebut dengan rentetan aktivitas saya beberapa waktu lalu belakangan seperti kebiasaan begadang dan pola makan yang berantakan. Tampaknya, saya penyakit lama saya kambuh. Maag. Gas lambung yang tinggi sepertinya mengakibatkan kesusahan bernafas. Saya pun minum obat maag, tidur lebih lama dari biasanya, memperbanyak asupan air putih, dan yang terpenting makan dengan pola yang teratur. Kondisi saya berangsur-angsur membaik. Gejala-gejala tersebut perlahan menghilang. Kecemasan sedikit banyak kian berkurang. 


Nicholas Saputra benar. Setiap hari kita harus bertanya kepada diri sendiri:
"Hi, how are you today?
Are you okay?"

0 comments:

Post a Comment